Ilmuwan Ungkap Penyebab Baterai Laptop Terbakar


“Para peneliti dari Cambridge University, Inggris, meyakini bahwa serat logam bernama dendrit, merupakan salah satu alasan mengapa baterai lithium pada laptop, ponsel dan perangkat elektronik lainnya terbakar.

Baterai laptop dan ponsel dirancang untuk bisa diisi ulang energi dengan cepat. Namun hal ini, menurut para peneliti, bisa menyebabkan dendrit terbentuk pada anoda karbon baterai. Serat logam tersebut menjadi salah satu pemicu terjadinya korsleting listrik, yang kemudian menyebabkan baterai overheat dan berpotensi terbakar. tim peneliti berharap bisa memahami lebih baik, bagaimana dendrit terbentuk dan upaya untuk menghentikan perkembangannya. Informasi ini nantinya diharapkan bisa membantu konsumen barang elektronik meningkatkan keamanan baterai lithium.

Serat lithium mati ini juga menjadi penghambat yang signifikan bagi komersialisasi baterai generasi teranyar dengan kapasitas yang lebih tinggi,” kata Profesor Clare Grey yang memimpin studi ini.

Grey menyebutkan, masalah ini harus segera diselesaikan sebelum memasuki era baterai litihium-ion terbaru dan sebelum baterai tersebut digunakan untuk lebih banyak perangkat elektronik, termasuk untuk aplikasi transportasi.

“Metode terbaru kami memungkinkan para peneliti mengenali kondisi yang menyebabkan pembentukan dendrit dan segera mencari upaya untuk menangani masalah tersebut,” tandasnya.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar