Kata Apa yang Diocehkan Bayi Pertama Kali?



KENAPA celotehan pertama si kecil selalu menyebutkan mama dan dada? Ternyata, apa yang Moms pikirkan, juga mengundang penasaran bagi ilmuwan.

Dalam studi terbaru menunjukkan hasil scan otak terhadap 22 bayi (usia 2-3 hari), para ahli mendengar rekaman kata-kata berulang, dan kata-kata berakhir dengan suku kata berulang, seperti “mubaba” dan “penana”, sama bagusnya dengan kata-kata tanpa suku berulang, “mubage” dan “penaku”.

Aktivitas otak bayi pada daerah temporal dan frontal kiri adalah tempat diulangnya kata-kata berulang. Namun, kata-kata yang diulang tidak berdekatan, seperti “bamuba” atau “napena” tidak mendapat responS khusus dari otak. Sebaliknya, kata-kata berulang berdekatan, seperti “mama” dan “papa” lebih mudah dikenali dan terprogram dalam otak, sehingga kata-kata inilah yang dipilih dalam mengajarkan bayi berkomunikasi.
Dalam penelitian yang dipimpin oleh Judit Gervain dari University of Britich Columbia Post-Doctoral Fellow, yang tulisannya dipublikasikan online dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, menyebutkan bahwa mungkin secara kebetulan terdapat banyak bahasa di seluruh dunia yang memiliki suku kata berulang pada bahasa anak. Misalnya “papa” dalam dalam bahasa Italia atau “tata”, yang artinya kakek dalam bahasa Hungaria.

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: