Riedl: Tim Indonesia Lebih Jelek dari Vietnam


Satu hari melihat seleksi, Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfred Riedl mengaku kaget dengan materi pemain yang bakal memperkuat Indonesia tersebut.

“Kesan pertama saya, kualitas pemain Indonesia saat ini sangat rendah. Bahkan, jauh lebih jelek dibanding Timnas Vietnam.

Seleksi tahap I pemain Tim Nasional Indonesia tengah berlangsung di Makassar. Seleksi untuk wilayah Indonesia Timur tersebut dipusatkan di Stadion Mattoanging Andi Mattalatta, Makassar sejak Rabu 2 Juni 2010.

Pelatih asal Austria ini menambahkan, pemain timnas Indonesia tertinggal jauh di segala sisi penilaian. Seperti basic, fisik, mental, kedisiplinan serta faktor teknis soal skill dalam sepak bola. Kenyataan tersebut membuat Alfred harus bekerja keras membentuk karakter Timnas Indonesia yang akan diumumkan sekitar Agustus mendatang.

“Satu-satunya cara memang harus kerja keras untuk bisa berbicara banyak di ajang internasional,” tambah mantan pelatih Timnas Vietnam ini.

Bagi Alfred, kompetisi internasional paling dekat yang akan dihadapi Timnas Indonesia adalah Piala AFF, Desember 2010. Paling tidak, ia memiliki waktu sekitar tiga bulan untuk bekerja keras guna mematangkan skuat ke Piala AFF. Hal itu untuk meraih target yang dibebankan kepadanya yakni harus bisa menjadi finalis.

Terkait dengan pelaksanaan seleksi, Alfred mengaku tidak akan menentukan sendiri siapa yang akan dipilih masuk Timnas. Ia akan dibantu oleh Badan Tim Nasional (BTN) untuk membahas pemain yang akan dipilih nanti.

“Butuh diskusi yang cukup, sebab kami menyeleksi untuk mencari pemain yang betul-betul memiliki kualitas tinggi. Hal itu akan kami padukan dengan formasi tim yang akan digunakan,” tegasnya lagi.

Seleksi di Makassar akan berakhir hari ini, Kamis 3 Juni 2010. Pemain yang selesai menjalani seleksi akan dikembalikan kepada klubnya sambil menunggu pengumuman langsung dari Alfred Riedl.

Sebanyak 21 pemain yang berlaga di Liga Super Indonesia (ISL) terlihat ikut seleksi tahap I ini. Mereka berasal dari 10 klub yakni Arema Indonesia, Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persijap Jepara, Persela Lamongan, PSM Makassar, Persitara Jakarta Utara, Persiba Balikpapan dan Persisam Samarinda.

Beberapa nama yang sudah cukup dikenal mengikuti seleksi tahap I ini. Di antaranya Ricardo Salampessy, Jendry Pitoy, Hamka Hamzah, Djayusman Triasdi. Sedangkan beberapa nama baru seperti Diva Tarkas dan Zulkifli

,

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: