Pengendalian Intern


Pengendalian intern merupakan suatu proses yang dialami seseorang dalam menangani atau mengontrol masalah yang ada demi tercapainya satu tujuan. Jika dalam suatu organisasi pengendalian intern merupakan suatu cara untuk mengukur sumber daya suatu organisasi, pengendalian intern dalam suatu organisasi berperan untuk mencegah serta melindungi sumber daya organisasi.
Pada organisasi tujuan pengendalian intern yaitu untuk pencapaian tujuan-tujuan operasional, strategis serta kepatuhan hukum dan regulasi, menjaga kekayaan organisasi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.
Lalu kita akan bahas pengendalian intern untuk suatu system informasi akutansi (SIA), pada suatu system akutansi akan lebih baik jika terdapat suatu pengendalian dimana ditujukan untuk mengendalikan informasi laporan keuangan serta segala operasi perusahaan. Pengendalian intern terdiri atas kebijakan dan prosedur yang digunakan dalam operasi perusahaan untuk menyediakan informasi keuangan.
            Pada system akutansi pengendalian intern memiliki tujuan yaitu untuk mencegah inefisiensi, menjaga keakuratan data akutansi, laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan dapat dipercaya dan kegiatan perusahaan sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
            Jadi dapat disimpulkan pengendalian intern adalah suatu proses yang dipengaruhi oleh sumber daya manusia serta teknologi informasi untuk membantu organisasi-organisasi dalam  mencapai suatu tujuan.
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: