PENCATATAN KEGIATAN DAN KEUANGAN PRIBADI


TUGAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
PENCATATAN KEGIATAN DAN KEUANGAN PRIBADI
Well, ini tugas yang diberikan oleh dosen Rooshwan Budhi Utomo pada mata kuliah Sistem Informasi  Akuntansi dan ini merupakan mata kuliah softskill. Menurut saya ini tugas  cukup unik soalnya saya disuruh mencatat kegiatan dan keuangan saya setiap hari sampe waktu yang di tentuikan dosen tersebut. Mungkin bisa di bilang diary juga. Karena tugas ini baru di kasih dosen hari ini maka dari itu saya ceritain kegiatan dan keuangan saya hari ini sampai dengan waktu yang di tentukan dosen.

Rabu, 3 oktober 2012

Hari pertama dari tugas softskill. Di hari pertama ini kegiatan saya awali dari salat shubuh dan sehabis itu saya berleha-leha menunggu pagi. Sehabis itu mandi supaya mengawali hari dengan segar dan wangi. Jam berangkat ke kampus masih lama saya sempatkan untuk sarapan pagi. Sehabis itu barulah berangkat ke kampus. Dan di kampus kehidupan berjalan seperti halnya orang menuntut ilmu dan pastinya di selingi bercanda dan ngobrol” ringan dengan teman” saat istirahat, selepas balik dari kampus saya dan teman” ngumpul” sejenak. Dan pastinya tidak lupa menunaikan salat dzuhur dan ashar tepat pada waktunya. Dan di rumah saya menghabiskan waktu dengan  mengerjakan tugas, browsing dan bermain game dan tidak lupa memunaikan salat isya.

Pengeluaran di hari ini, saya mendapatkan jatah dari orang tua 25 ribu (uang harian). Dan uang itu berkurang seirin waktu berjalan, di kampus 7 ribu untuk membeli makan dan minum, 5 ribu untuk membeli snack. Dan 5 ribu untuk isi bensin.

Kamis, 4 oktober 2012

Kehidupan di hari ini tidak beda seperti hari rabu dari mandi, salat 5 waktu (walaupun sering diingetin pas salat subuh dan isya sama orang tua), kuliah, ngumpul” dgn teman dan ngobrol”. Tapi ada yang sedikit berbeda di hari ini, karena pulang cepat dari kuliahan saya sempatkan untuk membantu orang tua saya dengan mencari makan untuk hewan ternak yang saya punya.

Pengeluaran di hari ini. Uang yang tersisa di hari kemarin sebesar 8 ribu dan di tambah dengan uang jajan harian saya. Jadi uang saya ada 33 ribu. Yang dipakai untuk jajan dan makan siang sebesar 13 ribu dan saat beli minuman sebesar 6 ribu.

Jumat, 5 oktober 2012

Sama seperti hari kamis, tetapi hari ini tidak kuliah jadinya saya sehabis salat langsung tidur lagi sampai jam 9 baru (maklum semalem abis begadang, jdinya masih ngantuk). Sehabis bangun tidur saya buka laptop untuk mengerjakan tugas dan maen game jam setengah sebelasan baru mandi (mandinya karena mau salat jum”at) dan baru sarapan. Sehabis salat jum”at kegiatan saya sama seperti pulang dari kampu (itu juga kalau pulangnya jam 1 atau jam 2 an), di siang itu saya menggembala hewan peliharaan  sampai ajan ashar. Selepas mengandangi saya bersih” dan salat, selesai salat saya mencari makan untuk hewan peliharaan (yang nyari makan aja belum makan, masa hewan peliharaan udah dicariin makan!!!) Sehabis itu langsung mandi karena waktu udah sore dan matahari sudah mau terbenam. Sehabis mandi lalu salat dan tidak lupa makan (akhirnya makan juga hahaha). Sehabis itu pastinya maen game, browsing dan mengerjakan tugas.sekitar jam 8 nan saya berangkat ke rumah teman untuk kerja kelompok, tetapi sekitar 40 menitan di sana saya ketiduran. Alhasil saya tidak bantu” dalam kerja kelompok. Pas jam menunjuk ke angka 12 malem baru teman saya itu mau pulang dan saya dibangunin. (Maaf ya teman” saya tidak bisa bantu” dalam kerja kelompok. Soalnya abis kerja keras seharian full).

Pengeluaran di hari ini. Karena tidak kuliah saya cuma dikasih 5 ribu buat uang jajan seharian. Untung aja masih ada 15 ribu dari uang jajan kemarin. Di hari ini pengeluaran saya di awali dari beli bensin 10 ribu di pagi hari dan beli minum 5 ribu di siang hari. Untung dapet uang tambahan dari kakek 5 ribu buat beli jajan saat ngangon. Jadinya uangnya masi sisah 10 ribu buat nyambung hidup di lain hari wkwkwkwk.

Sabtu, 6 oktober 2012

Kehidupan di hari ini lebih parah lagi karena sehabis salat langsung lanjut tidur (soalnya masih ngantuk) habis kerja kelompok jam 12 malem pulangnya kaga langsung tidur, melainkan nonton tv sambil nyari” acar yang seru dan rame sampe jam 2 an. Dan sekitar jam 11 siang terbangun dan langsung mandi, sarapan dan tidak lupa salat (sudah masuk waktu dzuhur). Kegiatan di siang hari sama seperti hari kemarin tidak ada yang berubah dari mengangon kambing sampai mencari makan kambing. Dan yang pastinya tidak lupa salat ashar. Abis itu langsung mandi dan makan (hidup terasa tanpa beban). Sehabis salat magrib langsung maen game dan noton tv. (Pasti pada bingung kan malam sabtu bukannya jalan” ma doi malah ngerem di rumah???) Mau bilang ga laku salah? Mau bilang jomblo juga salah. Jadi serba bingung. Yang menting HAPPY… Sekitar jam 10  nongkrong ama temen” rumah sambil maen futsal sampai jam 2 an. Abis maen futsal kaga langsung pulang melainkan ngobrol” dulu ampe lupa waktu.

Pengeluaran dihari ini, 5 ribu lagi buat uang jajan (kronologinya sudah dijelaskan di hari jumat). Ditambah 10 ribu jadi uang jajan ada 15 ribu dan ditambah lagi 5 ribu lagi di siang hari jadi totalnya ada 20 ribu. Di hari ini kaga da pengeluaran sama sekali karena 1. motor ngeram di rumah dan make motoer yang terlihat di depan mata. 2. Menggembala dan mencari makan menggunakan motor khusus ke kandang. 3. Emang lagi males buat jajan. Tapi akhirnya uang keluar juga di malam hari saat nongkrong sebesar 12 ribu yang 7 ribu buat jajan dan 5 ribu lgi buat futsal (futsal di deket rumah 50 ribu/per jam kalau buat anak lingkungan rt).

Minggu, 7 oktober 2012

Kehidupan di hari ini lebih parah laggi daripada hari kemarin. Abis salat subuh seperti biasa langsung tidur sampai jam 4etengah dua belas baru bangun. Abis bangun langsung mandi dan makan. (Kayanya kegiatan di siang hari sampai sore hari  kaga usah diceritain dah. Soal sama seperti hari kemaren). Di malam hari tepat jam setengah delapan saya nonton pertandingan seri-a antara siena dan JUVENTUS (tim favourite saya) di TVRI (kata orang awam TVRI jelek dan renyek. Sebenarnya kalo udah tau TVRI di daerah jakarta punya 2 sinyal yang satu sinyal 31 uhf yang gambarnya semut dan sebangsanya pada demo. Dan yang ke dua sinyal 39 uhf yang gmbarnya jernih) #penjelasan. Sehabis itu saya ketiduran dan bangun” langsung nyalain tv. Tau” ada el clasico (sebenarnya si liga spanyol monoton, kalo ga barca juara madrid yang juara) tapi gpplah buat ngisi waktu luang. Itung” nyari kerjaan abis bangun tidur.

Pengeluaran di hari ini 5 ribu di pagi hari dan 5 ribu di siang hari ditambah 8 ribu jadi totalnya 18 ribu. Dan di hari ini alhamdulillah  uang aman kaga ada pengeluaran. Soalnya pas di sms temen buat nongkrong dan maen futsal udah molor dan ketaun sms itu pas bangun tidur.

Senin, 8 oktober 2012

Kehidupan di hari ini di awali dengan mandi, salat dan makan. Langsung memnunaikan kewajiban sebagai mahasiswa. Di perkuliahan di awali dengan persentasi dari kelompok temen dan dosen jam ke 2 yang kaga jelas mau belajar apa sampai dosen terakhir kaga masuk. Mau kaga mau langsung pulang. Tapi sebelum pulang salat dulu dan sehabis salat mau pulang ada teman yang ngajakin nongkrong. Mau” ga mau ikut nongkrong. Sampai di rumah pas azan magrib. Langsung mandi dan makan, sehabis itu maen game sambil tidur” di kamar.

Pengeluaran hari ini. Di awalai dari uang jajan harian 25 ditambah 18 ribu jadi totalnya 43 ribu. Keluar 8 ribu untuk makan siang di kampus. 2  ribu buat beli roti dan minum dan 2 ribu buat beli rokok 1 batang dan minuman buat temen nongkrong (padahal udah ada temen nongkrong 2 orang).

Selasa, 9 oktober 2012

Pada hari ini sebenarnya tidak ada kegiatan di kampus. Tapi hanya pengisian KRS buat semester ini. Dan kehidupan di awali dari bangun tidur dibarengi dengan cuci muka lalu solat, sehabis itu baru mandi dan sarapan dan maen sejenak menunggu jam ke angka 10. Setelah jam menunjuk ke angka 10 barulah bergegas untuk jalan ke kampus. Sesampai di kampus saya terkejut kalau kampus di J1 itu udah penuh sesak (tidak seperti kampus saat saya tingkat 1). Sampe” saya parkir di pertokoan samping kampus (padahal kan kalau parkir di kampus keluarnya cukup nunjukin stnk doang). Sehabis pengisian KRS saya kumpul” dengan teman” di loby kampus. Dan selang beberapa jam kami semua jalan ke arah pancong (deket rel kereta api di sekitar proyek) untuk mencari makan. Setetlah mesan makanan anak” pada mau ngumpul di taman kartini (tidak jauh dari pancong) terpaksa makanan yang sudah kami pesan dibungkus untuk makan di sana (anehnya teman saya mesan yang setengah mateng, padahal kalau setengah mateng kalau dibungkus lumer) sesampainya di taman kartini kami ngobrol” dan sambil mesam makanan dan minuman yang da di sekitar taman (soalnya pancong doang kurang nendang). Pas jam menunjuk angka 5 barulah saya pamitan kepada teman” untuk pulang, dan sesampainya di rumah benar” garing karena tidak ada kegiatan. Sekitar jam 8 nan barulah maen game dan pes sampai malem. Setelah itu barulah tidur.

Pengeluaran di hari ini. Uang sisa hari kemarin tinggal 31 ribu dan ditambah uang jajan sebesar 25 ribu jadi totalnya 56 ribu. Pengeluaran hari ini diawali dengan beli pulsa 10 ribu, bensin 10 ribu, rokok 6 ribu (setengah bungkus), dan 2 ribu jajan roti. Dan saat nongkrong uang keluar sebesar 4 ribu untuk beli pancong, 6 ribu untuk beli mi ayam, dan 2 ribu untuk minuman jadi total pengeluaran hari ini sebesar 40 ribu. Sisa uang yang saya punya tinggal 16 ribu lagi.

Rabu, 10 oktober 2012

Di hari rabu ini kegiatannya adalah ngampus di J5 (gedung baru gundar di pulo gebang). Kehidupan saya awali dengan salat subuh, mandi dan sarapan. Sehabis itu ngerjain tugas dan ngeprint tugas, dan saya berangkat ngampus sekitar jam 11.40 an, karena jam pertama mata kuliahnya adalah softskill yang hanya masuk 1 bulan sekali. Di kampus perkuliahan berjalan seperti biasanya, tapi saat angka jam menunjuk angka 1.00 saya bergegas balik, dikarenakan saya sakit alergi (badan terasa gatal”, hidung, muka bengkak dan merah”. Sesampai di rumah saya langsung bergegas berobat. Setelah minum obat badan terasa ngantuk (langsung saya tidur). Dan di sore hari menjelang magrib saya bangun dan mandi, lalu menunaikan salat magrib. Sehabis itu tidur dilanjutkan lagi sampai saya terbangun jam 8an. Setelah terbangun saya memunaikan salat isya dan nonton tv sampai jam 10an.

Pengeluaran keuangan hari di awali dengan uang masuk 25 ribu sebagai uang jajan harian dan 16 ribu sisa uang jajan kemarin, jadi total uang jajan yang saya punya sebesar 41 ribu. Dan hari ini uang keluar hanya  5 ribu untuk membeli makanan ringan saat di rumah. Karena kuliah cuma 1 pelajaran aja, soalnya saat pelajar tsb selesai saya bergegas untuk berobat.   Sisa uang tinggal 36 ribu.

Kamis, 11 oktober 2012

Pada hari ini kegiatan di awali pada jam 2 malem (terbangun dari tidur) dan beberapa menit kemudian tidur lagi (hampir ja kebablasan tidur). Pas bangun liat jam udah menunjukan angka 05.30 lalu saya langsung bergegas mengambil wudhu untuk menunaikan salat shubuh. Selesai salat lalu langsung mandi dan sarapan, setelah itu browsing dan bermain game sebentar sampai jam 8 pagi. Sekitar jam 8.15 saya bergegas menuju kampus J3 di daerah kalimas. Sesampainya di kampus keadaan kampus tidak jauh beda dengan J1 yang sudah penuh dengan mahasiswa dan mahasiswi. Kegiatan di kampus berakhir sekitar jam 3 dan hanya 2 mata kuliah. Saya menunaikan salat dzuhur saat mata kuliah pertama selesai jam 1.30 dan istirahat sebentar langsung menuju mata kuliah ke 2. Sesudah itu saya salat ashar. Dan sehabis itu saya nongkrong bersama teman” sampai jam 4.30an, setelah itu barulah saya pulang ke rumah. Sesampainya di rumah sekitar jam 5.30 saya istirahat sejenak, lalu mandi dan tidak lupa untuk salat maghrib. Sesudah itu saya bermain game dan dilanjutkan browsing, sehabis itu sekitar jam 10an saya menunaikan salat isya. Lalu menonton tv sebentar dan saatnya tidur saat waktu menunjuk ke angka 12.30 (padahal besok libur).

Pengeluaran hari ini di awali dari dana masuk sebesar 25 ribu sebagai uang jajan harian. Dan 36 ribu dari sisa uang jajan hari kemarin, total uang yang saya punya saat ini sekitar 61 ribu. Pengeluaran pertama keluar saat ngisi bensin sebesar 5 ribu. Beli roti dan minuman sebesar 7 ribu. Dan beli rokok serta minuman sebesar 8 ribu total pengeluaran sebesar 20 ribu. Pengeluaran hari ini tidak bertambah sampai waktu malam tibah. Sisa uang saat ini sebesar 41 ribu.

Jumat, 12 oktober 2012

Pada hari ini kegiatannya hampir sama dengan hari jumat minggu kemarin. Di mulai dari bangun tidur sekitar jam 5.15 saya salat shubuh. Sesudah itu saya nonton tv sejenak lalu mandi dan sarapan. Karena hari ini tidak ada kegiatan kampus, saya maen games dan browsing sampai menjelang siang. Sekitar jam 11.35 saya pergi ke maasjid untuk  menunaikan salat jumat. Sesudah itu waktunya pergi ke kandang untuk mengurus makanan hewan peliharaan dan menggembalanya sampai ba’da ashar semua hewan yang saya gembala masuk ke kandang. Lalu saatnya untuk mencarikan makanan (ngarit rumput), sesudah itu pulang ke rumah dan bersih” lalu salat ashar dan sehabis itu mandi. Sehabis salat maghrib saya sempatkan untuk maen ke rumah teman dan ngumpul bersama teman” di lingkungan rumah. Sekitar jam 21.20 pulang ke rumah untuk salat isya dan maen game, lalu tidur dah.

Pengeluaran hari ini dimulai dari uang saya yang kemarin sebesar 41 ribu ditambah uang jajan 10 ribu totalnya 51 ribu. Di pagi hari saya ngisi bensin sebesar 10 ribu, jajan 5 ribu. Dan di malam hari uang keluar sekitar 15 ribu saat ngumpul bersama teman”. Jadi total pengeluaran hari ini 30 ribu. Sisa uang saya saat ini tinggal 21 ribu.

Sabtu, 13 oktober 2012

Di pagi sabtu yang cerah ini saya memulai aktifitas dari jam 5.00 saat saya bangun tidur, sesudah itu bergegas untuk cuci muka dan gosok gigi lalu menunaikan salat shubuh. Sesudah itu nonton tv sejenak, karena hari ini tidak kuliah saya berjalan kecil di pagi hari untuk menghirup udara pagi sampai jam 7.30, sesudah itu barulah mandi dan makan lalu maen game dan mengerjakan tugas kuliah. Sesudah itu saya maen ke rumah kakek. Saat jam menunjuk angka 1.20 saya menunaikan salat dzuhur, sesudah itu saya lanjutkan aktifitas saya di kandang dan kegiatannya sama seperti hari jumat kemaren. Saat jam 4.20 barulah salat ashar, sesudah itu browsing sebentar lalu mandi dan makan. Saat jam 6.15 saya salat maghrib, sesudah itu maen game dan nongkrong bersama teman-teman. Saat jam 9.10 saya menunaikan salat isya dan saat jam 11.00 barulah saya maen futsal dengan anak-anak di lingungan rumah saya sampai jam 2.00, sesudah itu barulah saya balik ke rumah untuk tidur.

Pengeluaran hari ini dimulai dari uang saku hari kemarin sebesar 21 ribu dan ditambah uang jajan harian sebesar 10 ribu dan totalnya 31 ribu. Pengeluaran hari dimulai dari nongkrong dengan teman-teman sebesar 15 ribu dan bayar futsal 5 ribu total pengeluaran hari ini 20 ribu. Sisa uang hari ini tinggal 11 ribu.

Minggu, 14 oktober 2012

Aktifitas hari ini dimulai dari jam 4 pagi (bangun kepagian) saat waktu salat shubuh tibah saya bergegas untuk salat, sesudah itu saya lanjutkan tidur sampai jam 9 pagi (kebablasan tidur) abis bangun tidur lalu mandi dan makan lalu ngumpul bersama keluarga di ruang tamu. Saat jam 12.20 saya menunaikan salat dzuhur dan sesudah itu makan dan maen game, sesudah itu saya salat ashar jam 4.00 lalu lanjut maen game lagi dan browsing sehabis itu lalu bergegas mandi karena waktu sudah menunjukan jam 5.10 dan sehabis mandi barulah saya salat magrib lalu nonton tv dan salat isya jam 9.20 dan sehabis itu saya ketiduran di ruang tamu sampai jam 12.00 lalu dibangunin oleh orang tua saya untuk pindah ke kamar, sesampainya di kamar saya tidur kembali.

Pengeluaran hari ini dimulai dari unag saku yang kemarin sebesar 11 ribu dan uang jajan 10 ribu totalnya 21 ribu. Hari minggu ini saya tidak mengeluarkan uang sama sekali, karena ngemil dan makan snack serta minum sudah disediain oleh keluarga besar saya saat ngumpul-ngumpul. Dan kaga ngumpul dan maen futsal dengan temen-temen rumah (karena ngantuk berat).Jadi uang buat hari ini aman di angka 21 ribu.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan komentar